Senin, 16 Mei 2011

AKSI BAGI BUNGA MENGENANG HARI KARTINI


Siti Umihani

Aksi Damai peringati Hari Kartini 21 April 2011. Aliansi Mahasiwa yang tergabung dalam organ ekstra kampus adakan longmarch dan pembagian bunga dari gedung PKM Unsoed sampai dengan depan patung Jendral Soedirman Kamis (21/4) pukul 07.30.

Banyak cara untuk memperingati hari kebangkitan perempuan Indonesia slah satu yang sudah menjadi tradisi ialah memakai pakaian kebaya, Namun, sejumlah aktifis organisasi mahasiswa memperingati hari kartini dengan cara yang berbeda yaitu dengan menyelenggarakan aksi longmarch dari gedung PKM Sampai dengan patung Jenderal Sudirman Unsoed dan aksi pembagian bunga.

Aksi yang diselenggarakan oleh para perempuan dari ormas PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia), HMI (Himpunan Mahasiswa Islam), KAMMI (kesatuan Mahasiswa Muslim Indonesia), dan UKKI Unsoed (Unit Kegiatan Kerohanian Islam) menggugah para kaum wanita untuk mengenang jasa dari pahlawan wanita yang berjuang menyetarakan hak antara laki-laki dan perempuan terutama dalam masalah pendidikan.

Ibu kita Kartini adalah sosok yang memperjuangkan hak- hak wanita dahulu yang selalu terkekang, dipingit, dan hanya melakukan tugas domestik dalam kehidupan sehari-hari. Dalam aksi damai tersebut para mahasiswa menyerukan “ tegakkan keadilan untuk wanita, Stop kekerasan terhadap wanita” Aksi yang diikuti pembagian bunga mawar putih merupakan sebagai simbolisasi kesucian, kejujuran, dan kelembutan wanita. Para aktifis berharap semoga wanita- wanita Indonesia terangkat derajatnya dan tak ada lagi kekerasan gender pada wanita Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar